Minggu, 19 April 2020

Proses Pembuatan Cetakan Gips Untuk Alat Cetak Tuang

Berikut ini merupakan proses pembuatan cetakan gips untuk alat cetak pada proses produksi kerajinan dengan teknik cetak tuang, selengkapnya sebagai berikut:

·  Buatlah bentuk model binatang secara global menggunakan tanah liat model.

·  Bentuk model binatang secara detail pada tiap bagiannya menggunakan butsir. Haluskan permukaan bentuk model binatang dengan spons agar siap dicetak.

·  Tentukan garis bagi pada model untuk menentukan belahan cetakan gips dan tentukan lubang pengecoran untuk menuang slip tanah liat. Lakukan dengan benar agar tidak terjadi kaitan pada waktu pencetakan.

·  Buatlah backing pada model binatang menggunakan tanah liat plastis sesuai dengan garis bagi model yang telah dibuat. Olesi model dengan larutan pemisah.

·  Tutuplah model dan backing menggunakan lenoleum untuk membuat cetakan gips yang pertama, tentukan ketebalan cetakan gips yang akan dibuat (kurang lebih 6 cm).

·  Ikat lenoleum menggunakan karet dan berilah pilinan tanah liat pada bagian dasar agar tidak ada adonan gips yang keluar.

·  Buka lenoleum cetakan dan backing tanah liat dari model, buatlah beberapa lubang untuk kunci cetakan gips, kemudian bersihkan. Olesi gips pada bagian belahan cetakan menggunakan larutan pemisah agar setiap cetakan gips dapat dilepas/dibuka dengan mudah.

·  Buka lenoleum, kemudian buka cetakan gips dengan hati-hati. Buat adonan massa gips dengan ukuran yang sesuai dengan ketebalan cetakan yang akan dibuat.

·  Pasang lenoleum cetakan untuk membuat cetakan gips sisi lainnya, kemudian olesi dengan larutan pemisah Ikat lenoleum dengan karet dan berilah pilinan tanah liat pada bagian dasar agar tidak ada adonan gips yang keluar.

·  Satukan cetakan, kemudian buatlah tirus menggunakan tanah liat plastis untuk membuat lubang cetakan gips. Pasang lenoleum kemudian buat adonan gips dan tuang ke dalam cetakan untuk membuat cetakan gips berikutnya.

·  Tuang adonan gips ke dalam cetakan model secara hati-hati dan merata pada seluruh permukaan model dan tunggu hingga gips mengeras.

·  Buat adonan gips dan tuang pada model secara hati-hati dan merata pada seluruh permukaan model, tunggu hingga cetakan gips menjadi keras.

·  Buka lenoleum dari cetakan, kemudian bersihkan dan jemur hingga kering.